Rahasia Kekuatan Tembok Cina

      Banyak pertanyaan seputar kekuatan tembok cina. Namun setelah dilakukan penelitian terhadap salah satu keajaiban dunia tersebut ternyata ditemukan zat yang berasal dari tepung beras ketan yang digunakan sebagai bahan perekat semen dan batu.


      Dr. Zhang yang merupakan seorang ilmuwan Cina mengatakan bahwa penggunaan beras ketan pada bangunan merupakan salah satu inovasi terbesar yang digunakan pada waktu itu.Proses pembanguna tembok itu terjadi sekitar 600 tahun yang lalu pada masa pemerintahan dinasti Ming.Proses pembangunan tembok tersebut berawal dari membangun susunan batu yang direkatkan dengan semen yang telah di campurkan dengan tepung beras ketan dan kapur.Campuran tepung beras ketan bisa mengikat batu sangat erat sekali, saking padatnya semen yang dihasilkan bahkan rumput liar pun tak bisa tumbuh.



      Secara Ilmiah,beras ketan mengandung komponen anorganik yaitu kalsium karbonat dan komponen organiknya adalah Amilopektin.Amilopektin merupakan molekul raksasa dan mudah ditemukan karena menjadi satu dari dua senyawa penyusun pati, bersama-sama dengan amilosa.Amilopektin membantu menciptakan mikrostruktur padat, membuat tembok menjadi stabil dan mempunyai kekuatan mekanis yang besar.penggunaan beras ketan juga sering digunakan dalam proses pembangunan tembok bangunan penting dan pagoda zaman dinasti Ming, oleh karena itu bangunan cina kuno masih dapat bertahan sampai sekarang walaupun dihantam cuaca,gempabumi,dan bencana alam lainnya.

Related

Info Lainnya 339384125285230141

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Semoga Membantu

item